Kamis, 10 Desember 2009

RIWAYAT IBNU KATSIR


BIOGRAFI IBNU KATSIR


Beliau dilahirkan di Mijdal, sebuah tempat dikota Bashrah pada tahun 701 H (1302 M) beliau adalah imam yang mulia Abul Fida’ “Imaduddin Ismail bin Umar bin Katsir al Qurasyi al Bushrawi yang berasal dari kota Bashrah. Kemudian menetap dan belajar mengajar di Damaskus. ayah beliau adalah seorang khatib, dan meninggal ketika beliau baru berusia 4 tahun. Kemudian beliau diasuh oleh kakaknya, syaikh ‘Abdul Wahhab dan dialah yang mendidik beliau di usia dininya. Kemudian pindah ke Damaskus negeri Syam yang dijaga pada tahun 706, ketika beliau berusia 5 tahun.

GURU-GURU BELIAU

Beliau belajar kepada syaikh Burhanuddin Ibrahim bin Abdir-Rahman al Fazari yang terkenal dengan nama Ibnul Farkah yang wafat pada tahun 729 H. di Damaskus, beliaupun belajar kepada “Isa bin al-Muth’im, Ahmad bin Abi Thalib, terkenal dengan nama Ibnusy Syahnah yang wafat pada tahun 730 H. Ibnul Hajar yang wafat pada tahun 730 H. Baha uddin al Qasim bin Muzhaffar Ibnu ‘Asakir, Muhadits negeri Syam yang wafat pada tahun 723 H. Ibnu asy-Syirazi, Ishaq bin Yahya al Amidi ‘Afifuddin ulama Zhahiriyyah yang wafat tahun 725 H, Muhammad Ibnu Zarrad, menyertai Syaikh Jamaluddin Yusuf bin az-Zaki al-Mizzi yang wafat tahun 742 H. beliau mendapat banyak faedah dan menimba ilmu darinya dan akhirnya beliau menikahi puterinya. Beliau juga belajar dari Syakhul Islam Taqiyyuddin Ahmad bin ‘Abdil Halim bin ‘Abdis Salam bin Taimiyyah yang wafat tahun 728 H. sebagaimana beliau menimba ilmu dari Syaikh al-Hafizh, seorang ahli tarikh (sejarah), Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qayimaz adz-Dzahabi yang wafat pada tahun 748 H. dan ulama mesir yang memberi beliau ijazah adalah abu Musa al-Qarafi, Abul Fath ad-Dabbusi, ‘Ali bin Umar as-Sawani dan lain-lain.

Al-Hafizh adz-Dzahabi berkata tentang al Hafidz Ibnu Katsir dalam al-mu’jam al-Mukhtashsh: “ Beliau adalah seorang imam lagi pemberi fatwa, muhadits yang pakar, faqih (ahlifiqih)) yang berwawasan luas, mufassir (ahli tafsir) dan memiliki banyak tulisan yang bermanfaat.

Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani berkata dalam ad-Durar al-Kaaminah : beliau selalu menyibukan diri dengan hadits, menelaah matan dan rijal hadits. Beliau adalah orang yang memiliki banyak karya tulis semasa hidupnya dan telah memberikan manfaat yang sangat banyak kepada orang-orang sepeninggal beliau.”

Ahli sejarah yang terkenal dengan nama Abul Mahasin Jamaluddin Yusuf ibnu Saifuddin yang terkenal dengan nama Ibnu Taghri Bardi berkata dalam kitabnya al Manhalush Shaafii wal Mustaufa ba’dal Waafi), Beliau adalah asy-Syaikh al Imam al-‘Allamah ‘Imaduddin Abul Fida’, ulama yang banyak berkarya, terus bekerja, meraup ilmu dan menulis, pakar dalam bidang fiqih, tafsir dan hadits. Beliau mengumpulkan, mengarang, mengajar, menyampaikan hadits dan menulis.beliau memiliki penelaahan yang luas dalam ilmu hadits, tafsir, fiqih, bahasa arab dan ilmu-ilmu lainnya. Beliau mengeluarkan fatwa dan mengajar hingga beliau wafat, semoga Allah merahmati beliau. Beliau dikenal sebagai ulama yang memiliki hafalan yang kuat dan tulisan yang bagus, beliau telah mencapai puncak dalam ilmu sejarah, hadits dan tafsir.

MURID-MURID BELIAU

Murid-murid beliau sangatlah banyak, diantaranya adalah Ibnu Haji. Disebutkan tentangnya bahwa ia adalah seorang yang memiliki hafalan paling kuat terhadap matan-matan hadits yang pernah kami dapati. Paling tahu tentang cacat-cacat hadits, perawi-perawinya, shahih dan dha’ifnya, dan rekan-rekan serta guru-gurunya mengakui hal tersebut. Sejauh ini, setiap kali saya bertemu dengannya pasti saya memperoleh faedah darinya.

Ibnul ‘Imad al-Hanbali berkata dalam kitabnya yang berjudul Sydzaraatudz Dzahab fii Akhbaari Man Dzahab : beliau adalah al Hafzh al Kabir ‘Imaduddin, hafalannya banyak dan jarang lupa, pemahamannya baik, ilmu bahasa arabnya tinggi. “ibnu Habib berkata tentangnya, ia mendengar riwayat, mengumpulkan, menulis, mengeluarkan fatwa, menyampaikan hadits, memberi banyak faedah, dan lembaran-lembaran fatwanya tersebar keberbagai negeri. Ia dikenal dengan kekuatan hafalan dan keelokan karanganya.

Tulisan-tulisan beliau.

Tulisan beliau sangatlah banyak, diantaranya:

1. Termasuk tulisan beliau yang terbesar adalah kitab tafsir al-Quran. Kitab ini sebaik-sebaik kitab tafsir dengan riwayat, telah diterbitkan berulang kali dan telah diringkas oleh banyak ulama.

2. Kitab sejarah yang dinamakan al-Bidaayah, terdiri dari 14 jilid, dengan judul al-Bidaayah wan Nihaayah. Didalamnya disebutkan tentang kisah-kisah para Nabi dan Umat-umat terdahulu, Sirah Nabawiyyah, sejarah islam hingga zamannya, ditambah dengan pembahasan tentang fitnah dan tanda hari kiamat serta keadaan pada hari akhir dan al-Malaahim (pertumpahan darah) dan telah ditahqiq oleh banyak ulama.

3. At-Takmiil fii MA’rifatits Tsiqaat wadh Dhu’afaa’wal Majaahil. Didalamnya terangkum dua kitab dari tulidan guru beliau, yaitu al Mizzi da Adz-Dzahabi (Tahdziibul Kamaal fii Asmaa-ir Rijaal) dan (Miizaanul I’tidaal fii Naqdir Rijaal) dengan disertai beberapa tambahan yang bermanfaat dalam masalah al-jarh wat ta’diil.

4. Al-Hadyu was Sunan Fii Ahaadiitsil Masaaniid was Sunan yang dikenal dengan nama (Jaami’al-Masaaniid). Di dalamnya terangkum musnad al Imam Ahmad bin Hambal, Al-Bazzar, abu Ya’la al-Mushili, Ibnu Abi Syaibah, beserta Kutubus Sittah, yaitu Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim serta kitab sunan yang empat. Beliau menyusunnya berdasarkan bab-bab fiqih, dan baru-baru ini telah dicetak beberapa jus darinya.

5. Thabaqaat asy-Syafi’iyyah dengan ukuran sedang disertai biografi Imam asy-Syafi’i .rah

6. Beliau mentakhrid hadits-hadits yang digunakan sebagai dalil dalam kitab at-Tabiih fii Fiqh asy-Syafi-iyyah.

7. Beliau memulai penulisan syarah shahii al bukhari dan belum sempat menyelesaikannya

8. Beliau memulai penulisan kitab besar dalam masalah-masalah hukum namun belum sempat menyelesaikannya, dan tulisan beliau ini sudah sampai pada kitab haji

9. Ringkasan kitab al-Madkhal, karya al-Baihaqi dan sebagian besar belum diterbitkan.

10. Beliau meringkas kitab ‘Uluumul Hadits karya Abu ‘Amr bin ash-Shalah, yang beliau beri judul (Mukhtashar ‘Uluumil Hadiits) yang dicetak oleh syaikh ahmad muhammad syakir, seorang ahli hadits dari mesir disertai penjelasan dari beliau dan diberi judul al-Baa’itsul Hatsiits fii syarh mukhtashar ‘Uluumil Hadist, dan telah dicetak beberapa kali.

11. As-Siirah an-Nabawiyyah yang panjang (bagian dari kitab al-bidaayah) dan ringkasannya, keduanya diterbitkan dalam cetakan yang berbeda.

12. Risalah dalam masalah jihad yang diberi judul al-Ijtihaad fii Thalabil Jihaad, dan dicetak berulang kali.

WAFAT BELIAU

Al-hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rh berkata, beliau kehilangan penglihatan di akhir hayatnya dan wafat di Damaskus, negeri syam yang terjaga pada tahun 774H/1373 M. semoga Allah mencurakan rahmat seluas-luasnya kepada beliau dan menempatkan beliau di Syurga yang luas.

Nukilan : Kitab Tafsir Ibnu Katsir (Terjemahan Bahasa Indonesia). Pustaka Ibnu Katsir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar